Memahami Inheritance dan Method Overriding
Seperti yang sudah kita pelajari pada tulisan sebelumnya: sebuah class atau objek bisa saling berhubungan dengan class yang lain.
Salah satu bentuk hubungannya adalah inheritance (pewarisan). Hubungan ini seperti hubungan keluarga antara orang tua dan anak.
Sebuah class di Java, bisa memiliki satu atau lebih keturunan atau class anak. Class anak akan memiliki warisan properti dan method dari class ibu.
Pada tutorial ini kita akan belajar:
- Kenapa kita harus menggunakan inheritance?
- Contoh Program inheritance
- Method Overriding
Mari kita mulai…

Seperti yang sudah kita pelajari pada tulisan sebelumnya: sebuah class atau objek bisa saling berhubungan dengan class yang lain.
Salah satu bentuk hubungannya adalah inheritance (pewarisan). Hubungan ini seperti hubungan keluarga antara orang tua dan anak.
Sebuah class di Java, bisa memiliki satu atau lebih keturunan atau class anak. Class anak akan memiliki warisan properti dan method dari class ibu.
Pada tutorial ini kita akan belajar:
- Kenapa kita harus menggunakan inheritance?
- Contoh Program inheritance
- Method Overriding
Mari kita mulai…
Kenapa Kita Harus Menggunakan Inheritance?
Misalkan dalam Game, kita akan membuat class-class musuh dengan perilaku yang berbeda.
Lalu kita membuat kode untuk masing-masing kelas seperti ini:
File: Zombie.java
class Zombie {
String name;
int hp;
int attackPoin;
void attack(){
// ...
}
void walk(){
//...
}
}
File: Pocong.java
class Pocong {
String name;
int hp;
int attackPoin;
void attack(){
// ...
}
void jump(){
//...
}
}
File: Burung.java
class Burung {
String name;
int hp;
int attackPoin;
void attack(){
// ...
}
void walk(){
//...
}
void jump(){
//...
}
void fly(){
//...
}
}
Apakah boleh seperti ini?
Ya, boleh-boleh saja. Akan Tapi tidak efektif, karena kita menulis berulang-ulang properti dan method yang sama.
Bagaimana solusinya?
Kita harus menggunakan inheritance.
Mari kita lihat memeber class yang sama:
Setelah menggunakan inheritance, maka akan menjadi seperti ini:
Oya, inheritance di StarUML digambarkan dengan garis hubung Generalization.
Class Enemy
adalah class induk yang memiliki anak Zombie
, Pocong
, dan Burung
. Apapun properti yang ada di class induk, akan dimiliki juga oleh class anak.
Lalu bagaimana bentuk kodenya dalam Java?
Bentuk kodenya akan seperti ini:
File: Enemy.java
class Enemy {
String name;
int hp;
int attackPoin;
void attack(){
System.out.println("Serang!");
}
}
Pada class anak, kita menggunakan kata kunci extends
untuk menyatakan kalau dia adalah class turunan dari Enemy
.
File: Zombie.java
class Zombie extends Enemy {
void walk(){
System.out.println("Zombie jalan-jalan");
}
}
File: Pocong.java
class Pocong extends Enemy {
void jump(){
System.out.println("loncat-loncat!");
}
}
File: Burung.java
class Burung extends Enemy {
void walk(){
System.out.println("Burung berjalan");
}
void jump(){
System.out.println("Burung loncat-loncat");
}
void fly(){
System.out.println("Burung Terbang...");
}
}
Lalu, bila kita ingin membuat objek dari class-class tersebut, Kita bisa membuatnya seperti ini:
Enemy monster = new Enemy();
Zombie zumbi = new Zombie();
Pocong hantuPocong = new Pocong();
Burung garuda = new Burung();
Misalkan dalam Game, kita akan membuat class-class musuh dengan perilaku yang berbeda.

Lalu kita membuat kode untuk masing-masing kelas seperti ini:
File:
Zombie.java
class Zombie {
String name;
int hp;
int attackPoin;
void attack(){
// ...
}
void walk(){
//...
}
}
File:
Pocong.java
class Pocong {
String name;
int hp;
int attackPoin;
void attack(){
// ...
}
void jump(){
//...
}
}
File:
Burung.java
class Burung {
String name;
int hp;
int attackPoin;
void attack(){
// ...
}
void walk(){
//...
}
void jump(){
//...
}
void fly(){
//...
}
}
Apakah boleh seperti ini?
Ya, boleh-boleh saja. Akan Tapi tidak efektif, karena kita menulis berulang-ulang properti dan method yang sama.
Bagaimana solusinya?
Kita harus menggunakan inheritance.
Mari kita lihat memeber class yang sama:

Setelah menggunakan inheritance, maka akan menjadi seperti ini:

Oya, inheritance di StarUML digambarkan dengan garis hubung Generalization.
Class
Enemy
adalah class induk yang memiliki anak Zombie
, Pocong
, dan Burung
. Apapun properti yang ada di class induk, akan dimiliki juga oleh class anak.
Lalu bagaimana bentuk kodenya dalam Java?
Bentuk kodenya akan seperti ini:
File:
Enemy.java
class Enemy {
String name;
int hp;
int attackPoin;
void attack(){
System.out.println("Serang!");
}
}
Pada class anak, kita menggunakan kata kunci
extends
untuk menyatakan kalau dia adalah class turunan dari Enemy
.
File:
Zombie.java
class Zombie extends Enemy {
void walk(){
System.out.println("Zombie jalan-jalan");
}
}
File:
Pocong.java
class Pocong extends Enemy {
void jump(){
System.out.println("loncat-loncat!");
}
}
File:
Burung.java
class Burung extends Enemy {
void walk(){
System.out.println("Burung berjalan");
}
void jump(){
System.out.println("Burung loncat-loncat");
}
void fly(){
System.out.println("Burung Terbang...");
}
}
Lalu, bila kita ingin membuat objek dari class-class tersebut, Kita bisa membuatnya seperti ini:
Enemy monster = new Enemy();
Zombie zumbi = new Zombie();
Pocong hantuPocong = new Pocong();
Burung garuda = new Burung();
Contoh Program Inheritance
Setelah memahami konsep inheritance, sekarang mari kita buat contoh program sederhana.
Program yang akan kita buat untuk berfungsi untuk menghitung luas dan keliling bangun datar.
Bentuk class diagramnya seperti ini:
Baik, mari kita buat semua class-class-nya.
Buka Netbeans, pada Porject yang kemarin, buatlah package baru bernama inheritance di dalam Source Packages.
Isi nama package dengan inheritance.
Berikutnya buatlah class-class baru berdasarkan diagram di atas.
File: inheritance/BangunDatar.java
package inheritance;
public class BangunDatar {
float luas(){
System.out.println("Menghitung laus bangun datar");
return 0;
}
float keliling(){
System.out.println("Menghitung keliling bangun datar");
return 0;
}
}
File: inheritance/Persegi.java
package inheritance;
public class Persegi extends BangunDatar {
float sisi;
}
File: inheritance/Lingkaran.java
package inheritance;
public class Lingkaran extends BangunDatar{
// jari-jari lingkaran
float r;
}
File: inheritance/PersegiPanjang.java
package inheritance;
public class PersegiPanjang extends BangunDatar {
float panjang;
float lebar;
}
File: inheritance/Segitiga.java
package inheritance;
public class Segitiga extends BangunDatar {
float alas;
float tinggi;
}
File: inheritance/Main.java
package inheritance;
public class Main {
public static void main(String[] args) {
// membuat objek bangun datar
BangunDatar mBangunDatar = new BangunDatar();
// membuat objek persegi dan mengisi nilai properti
Persegi mPersegi = new Persegi();
mPersegi.sisi = 2;
// membuat objek Lingkaran dan mengisi nilai properti
Lingkaran mLingkaran = new Lingkaran();
mLingkaran.r = 22;
// membuat objek Persegi Panjang dan mengisi nilai properti
PersegiPanjang mPersegiPanjang = new PersegiPanjang();
mPersegiPanjang.panjang = 8;
mPersegiPanjang.lebar = 4;
// membuat objek Segitiga dan mengisi nilai properti
Segitiga mSegitiga = new Segitiga();
mSegitiga.alas = 12;
mSegitiga.tinggi = 8;
// memanggil method luas dan keliling
mBangunDatar.luas();
mBangunDatar.keliling();
mPersegi.luas();
mPersegi.keliling();
mLingkaran.luas();
mLingkaran.keliling();
mPersegiPanjang.luas();
mPersegiPanjang.keliling();
mSegitiga.luas();
mSegitiga.keliling();
}
}
Setelah itu, coba jalankan class Main
, maka hasilnya:
Setelah memahami konsep inheritance, sekarang mari kita buat contoh program sederhana.
Program yang akan kita buat untuk berfungsi untuk menghitung luas dan keliling bangun datar.
Bentuk class diagramnya seperti ini:

Baik, mari kita buat semua class-class-nya.
Buka Netbeans, pada Porject yang kemarin, buatlah package baru bernama inheritance di dalam Source Packages.

Isi nama package dengan inheritance.

Berikutnya buatlah class-class baru berdasarkan diagram di atas.
File:
inheritance/BangunDatar.java
package inheritance;
public class BangunDatar {
float luas(){
System.out.println("Menghitung laus bangun datar");
return 0;
}
float keliling(){
System.out.println("Menghitung keliling bangun datar");
return 0;
}
}
File:
inheritance/Persegi.java
package inheritance;
public class Persegi extends BangunDatar {
float sisi;
}
File:
inheritance/Lingkaran.java
package inheritance;
public class Lingkaran extends BangunDatar{
// jari-jari lingkaran
float r;
}
File:
inheritance/PersegiPanjang.java
package inheritance;
public class PersegiPanjang extends BangunDatar {
float panjang;
float lebar;
}
File:
inheritance/Segitiga.java
package inheritance;
public class Segitiga extends BangunDatar {
float alas;
float tinggi;
}
File:
inheritance/Main.java
package inheritance;
public class Main {
public static void main(String[] args) {
// membuat objek bangun datar
BangunDatar mBangunDatar = new BangunDatar();
// membuat objek persegi dan mengisi nilai properti
Persegi mPersegi = new Persegi();
mPersegi.sisi = 2;
// membuat objek Lingkaran dan mengisi nilai properti
Lingkaran mLingkaran = new Lingkaran();
mLingkaran.r = 22;
// membuat objek Persegi Panjang dan mengisi nilai properti
PersegiPanjang mPersegiPanjang = new PersegiPanjang();
mPersegiPanjang.panjang = 8;
mPersegiPanjang.lebar = 4;
// membuat objek Segitiga dan mengisi nilai properti
Segitiga mSegitiga = new Segitiga();
mSegitiga.alas = 12;
mSegitiga.tinggi = 8;
// memanggil method luas dan keliling
mBangunDatar.luas();
mBangunDatar.keliling();
mPersegi.luas();
mPersegi.keliling();
mLingkaran.luas();
mLingkaran.keliling();
mPersegiPanjang.luas();
mPersegiPanjang.keliling();
mSegitiga.luas();
mSegitiga.keliling();
}
}
Setelah itu, coba jalankan class
Main
, maka hasilnya:
Komentar
Posting Komentar