Contoh Program OOP
Kita akan menggunakan Netbeans, silahkan buat project baru.

Isi nama project-nya dengan “BelajarOOP” dan jangan centang “Create Main Class”.

Setelah itu, silahkan buat package baru. Klik kanan pada <default package>, lalu pilih New->Java Package.

Isi nama package dengan “dasar”:

Setelah itu, di dalam package
dasar, silahkan buat class baru bernama Player.java.
Klik kanan pada package
dasar lalu pilih New->Java Class. Setelah itu, isi namanya dengan Player.java.
Silahkan tulis kode pada
Player.java seperti ini:package dasar;
public class Player {
// definisi atribut
String name;
int speed;
int healthPoin;
// definisi method run
void run(){
System.out.println(name +" is running...");
System.out.println("Speed: "+ speed);
}
// definisi method isDead untuk mengecek nilai kesehatan (healthPoin)
boolean isDead(){
if(healthPoin <= 0) return true;
return false;
}
}
Berikutnya, buat class baru lagi bernama
Game.java dan isi kodenya seperti ini:package dasar;
public class Game {
public static void main(String[] args){
// membuat objek player
Player petani = new Player();
// mengisi atribut player
petani.name = "Petani Kode";
petani.speed = 78;
petani.healthPoin = 100;
// menjalankan method
petani.run();
if(petani.isDead()){
System.out.println("Game Over!");
}
}
}
Coba eksekusi
Game.java dengan klik kanan pada Game.java lalu pilih Run File. Maka hasilnya:
Coba ganti nilai
healthPoin menjadi 0.petani.healthPoin = 0;
Setelah itu, coba eksekusi lagi:

Player 
petani sudah mati, Game selsai! Kok Bisa Begitu? Jelaskan Donk!
Baik, kita mulai dari pembuatan class.
Pertama-tama, kita membuat sebuah class dengan nama
Player. Class ini mendefinisikan objek Player dalam Game dengan atribut sebagai berikut:nameadalah nama objek;speedadalah kecepatan;healthPoinadalah nilai kesehatan dari player, biasanya disingkathp.
Lalu class
Player memiliki method:run()untuk menggerakkan player;isDead()untuk mengecek kondisi kesehatan player. Method ini akan mengembalikan nilaitrueapabila nilaihplebih kecil atau sama dengan nol (0), sebaliknya akan mengembalikan nilaifalse.
Berikutnya kita membuat objek baru dari class
Player pada class Game bernama petani.// membuat objek player
Player petani = new Player();
Setelah itu mengisi atribut-atributny. Karena kalau tidak diisi akan bernilai Null dan bisa menyebabkan NullPointerException.
Komentar
Posting Komentar