Langsung ke konten utama

Contoh Program OOP

Contoh Program OOP

Kita akan menggunakan Netbeans, silahkan buat project baru.
Memilih project Java
Isi nama project-nya dengan “BelajarOOP” dan jangan centang “Create Main Class”.
Memberikan nama project Java
Setelah itu, silahkan buat package baru. Klik kanan pada <default package>, lalu pilih New->Java Package.
Membuat package Java
Isi nama package dengan “dasar”:
Membuat package Java
Setelah itu, di dalam package dasar, silahkan buat class baru bernama Player.java.
Klik kanan pada package dasar lalu pilih New->Java Class. Setelah itu, isi namanya dengan Player.java.
Silahkan tulis kode pada Player.java seperti ini:
package dasar;

public class Player {
    
    // definisi atribut
    String name;
    int speed;
    int healthPoin;

    // definisi method run
    void run(){
        System.out.println(name +" is running...");
        System.out.println("Speed: "+ speed);
    }

    // definisi method isDead untuk mengecek nilai kesehatan (healthPoin)
    boolean isDead(){
        if(healthPoin <= 0) return true;
        return false;
    }
    
}
Berikutnya, buat class baru lagi bernama Game.java dan isi kodenya seperti ini:
package dasar;

public class Game {
    public static void main(String[] args){

        // membuat objek player
        Player petani = new Player();

        // mengisi atribut player
        petani.name = "Petani Kode";
        petani.speed = 78;
        petani.healthPoin = 100;

        // menjalankan method
        petani.run();

        if(petani.isDead()){
            System.out.println("Game Over!");
        }

    }
}
Coba eksekusi Game.java dengan klik kanan pada Game.java lalu pilih Run File. Maka hasilnya:
Contoh Program OOP Java
Coba ganti nilai healthPoin menjadi 0.
petani.healthPoin = 0;
Setelah itu, coba eksekusi lagi:
Output program
Player petani sudah mati, Game selsai! 😄

Kok Bisa Begitu? Jelaskan Donk!

Baik, kita mulai dari pembuatan class.
Pertama-tama, kita membuat sebuah class dengan nama Player. Class ini mendefinisikan objek Player dalam Game dengan atribut sebagai berikut:
  • name adalah nama objek;
  • speed adalah kecepatan;
  • healthPoin adalah nilai kesehatan dari player, biasanya disingkat hp.
Lalu class Player memiliki method:
  • run() untuk menggerakkan player;
  • isDead() untuk mengecek kondisi kesehatan player. Method ini akan mengembalikan nilai true apabila nilai hp lebih kecil atau sama dengan nol (0), sebaliknya akan mengembalikan nilai false.
Berikutnya kita membuat objek baru dari class Player pada class Game bernama petani.
// membuat objek player
Player petani = new Player();
Setelah itu mengisi atribut-atributny. Karena kalau tidak diisi akan bernilai Null dan bisa menyebabkan NullPointerException.
Objek Petani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Saja yang Baru di Java 11?

Apa Saja yang Baru di Java 11? Java 11 sudah dirilis pada tanggal 25 September 2018 kemarin. Banyak ‘pembersihan’ yang terjadi pada versi ini. Seperti: Java EE, CORBA, Java applets, dan Java FX sudah dihapus di dalam JDK  (Java Development Kit) .  1 Tapi tenang saja… mereka masih bisa  di-install dari repositori Mavan . Lalu… Apa saja fitur terbaru pada Java 11? dan apa saja yang akan dihapus? Sebelum kita migrasi atau  upgrade  ke Java 11, kita haurs tahu dua hal ini. Agar aplikasi yang kita bangun dengan Java, bisa berjalan dengan lancar. Mari kita bahas… Download & Install Java 11 Sebelum itu… jika kamu ingin mencoba Java 11, silahkan download JDK-nya:   Download OpenJDK 11   Download OracleJDK 11 Saya akan download OpenJDK 11 untuk Linux. Nanti kita akan mendapatkan sebuah file arsip  tar.gz . Setelah itu ekstrak ke tempat yang aman. Saya akan mengekstraknya ke direktori  ~/apps/ . Apa...

Menghitung Akar Kuadrat dan Akar Kubik dengan Java

Menghitung Akar Kuadrat dan Akar Kubik dengan Java Pada pelajaran Matematika, kadang kita sering menemukan perhitungan akar. Contoh, akar kuadrat dari  25  adalah  5 , karena  5x5=25 , bisa ditulis:  √ 25 = 5 25 = 5 . Lalu kalau akar kubik dari  27  adalah  3 , karena  3x3x3=27 , bisa ditulis:  3 √ 27 = 3 27 3 = 3 . Bagaimana cara kita membuat perhitungan tersebu di Java? Perhitungan akar kuadrat dapat dilakukan dengan fungsi  sqrt() . Fungsi ini terdapat dalam  class   Math . Jadi untuk menghitung akar seperti di atas dalam kode java dapat dilakukan dengan cara berikut ini: Math . sqrt ( 25 ) ; Fungsi tersebut akan menghasilkan:  5 Sementara itu untuk perhitungan akar kubik dapat dilakukan dengan fungsi  cbrt() . Contoh: Math . cbrt ( 27 ) ; Akan menghasilkan:  3 Contoh Penerapannya dalam Program Sekarang mari kita coba membuat program untuk menghitung rumus pitagoras. Rum...