Contoh Program OOP
Kita akan menggunakan Netbeans, silahkan buat project baru.
Isi nama project-nya dengan “BelajarOOP” dan jangan centang “Create Main Class”.
Setelah itu, silahkan buat package baru. Klik kanan pada <default package>, lalu pilih New->Java Package.
Isi nama package dengan “dasar”:
Setelah itu, di dalam package
dasar
, silahkan buat class baru bernama Player.java
.
Klik kanan pada package
dasar
lalu pilih New->Java Class. Setelah itu, isi namanya dengan Player.java
.
Silahkan tulis kode pada
Player.java
seperti ini:package dasar;
public class Player {
// definisi atribut
String name;
int speed;
int healthPoin;
// definisi method run
void run(){
System.out.println(name +" is running...");
System.out.println("Speed: "+ speed);
}
// definisi method isDead untuk mengecek nilai kesehatan (healthPoin)
boolean isDead(){
if(healthPoin <= 0) return true;
return false;
}
}
Berikutnya, buat class baru lagi bernama
Game.java
dan isi kodenya seperti ini:package dasar;
public class Game {
public static void main(String[] args){
// membuat objek player
Player petani = new Player();
// mengisi atribut player
petani.name = "Petani Kode";
petani.speed = 78;
petani.healthPoin = 100;
// menjalankan method
petani.run();
if(petani.isDead()){
System.out.println("Game Over!");
}
}
}
Coba eksekusi
Game.java
dengan klik kanan pada Game.java
lalu pilih Run File. Maka hasilnya:
Coba ganti nilai
healthPoin
menjadi 0
.petani.healthPoin = 0;
Setelah itu, coba eksekusi lagi:
Player
petani
sudah mati, Game selsai! Kok Bisa Begitu? Jelaskan Donk!
Baik, kita mulai dari pembuatan class.
Pertama-tama, kita membuat sebuah class dengan nama
Player
. Class ini mendefinisikan objek Player dalam Game dengan atribut sebagai berikut:name
adalah nama objek;speed
adalah kecepatan;healthPoin
adalah nilai kesehatan dari player, biasanya disingkathp
.
Lalu class
Player
memiliki method:run()
untuk menggerakkan player;isDead()
untuk mengecek kondisi kesehatan player. Method ini akan mengembalikan nilaitrue
apabila nilaihp
lebih kecil atau sama dengan nol (0
), sebaliknya akan mengembalikan nilaifalse
.
Berikutnya kita membuat objek baru dari class
Player
pada class Game
bernama petani
.// membuat objek player
Player petani = new Player();
Setelah itu mengisi atribut-atributny. Karena kalau tidak diisi akan bernilai Null dan bisa menyebabkan NullPointerException.
Komentar
Posting Komentar