Langsung ke konten utama

Belajar Java OOP: Memahami Konsep Dasar OOP (untuk Pemula)

Belajar Java OOP: Memahami Konsep Dasar OOP (untuk Pemula)


Belajar Java OOP
OOP merupakan hal yang harus dipelajari untuk memahami Java lebih dalam. Karena Java sendiri merupakan bahasa yang didesain untuk OOP.
Buktinya:
Saat kita membuat program pertama, kita diwajibkan menggunakan class.
class Hello { public static void main(String[] args){ System.out.println("Hello World!"); }}
Jika kamu ingin memahami Framework, pelajari dulu konsep OOP
  1. Apa itu OOP?
  1. Objek dan Class
  1. Class Diagram
Apa itu OOP?
Objek
------------------OBJEK
Drone
------------------Variabel/Atribut
energi = 100;
ketinggian = 200;
kecepatan = 29;
------------------Fungsi
terbang();
matikanMesin();
turun();
maju();
mundur();
belok();
------------------

OOP dikenal sebagai teknik pemrograman modern yang lebih efisien dan banyak digunakan pada Framework.
Jadi tidak ada alasan untuk tidak belajar OOP.
Apa saja yang akan kita pelajari pada artikel ini?
Mari kita mulai…
OOP (Object Oriented Programming) atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan pemrograman berorientasikan objek (PBO) merupakan sebuah paradigma atau teknik pemrograman yang berorientesikan Objek.
Pada OOP, Fungsi dan variabel dibungkus dalam sebuah objek atau class yang dapat saling brinteraksi, sehingga membentuk sebuah program.
Variabel dalam objek akan menyimpan data dari objek. Sedangkan fungsi akan menentukan operasinya.
Contoh objek dalam dunia nyata: Mobil, Burung, Drone, Meja, Pohon, dll.
Semua objek di dunia nyata yang memiliki sifat dan tingkah laku, bisa kita representasikan dalam kode.
Kata kunci yang perlu diingat:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Saja yang Baru di Java 11?

Apa Saja yang Baru di Java 11? Java 11 sudah dirilis pada tanggal 25 September 2018 kemarin. Banyak ‘pembersihan’ yang terjadi pada versi ini. Seperti: Java EE, CORBA, Java applets, dan Java FX sudah dihapus di dalam JDK  (Java Development Kit) .  1 Tapi tenang saja… mereka masih bisa  di-install dari repositori Mavan . Lalu… Apa saja fitur terbaru pada Java 11? dan apa saja yang akan dihapus? Sebelum kita migrasi atau  upgrade  ke Java 11, kita haurs tahu dua hal ini. Agar aplikasi yang kita bangun dengan Java, bisa berjalan dengan lancar. Mari kita bahas… Download & Install Java 11 Sebelum itu… jika kamu ingin mencoba Java 11, silahkan download JDK-nya:   Download OpenJDK 11   Download OracleJDK 11 Saya akan download OpenJDK 11 untuk Linux. Nanti kita akan mendapatkan sebuah file arsip  tar.gz . Setelah itu ekstrak ke tempat yang aman. Saya akan mengekstraknya ke direktori  ~/apps/ . Apa...

Menghitung Akar Kuadrat dan Akar Kubik dengan Java

Menghitung Akar Kuadrat dan Akar Kubik dengan Java Pada pelajaran Matematika, kadang kita sering menemukan perhitungan akar. Contoh, akar kuadrat dari  25  adalah  5 , karena  5x5=25 , bisa ditulis:  √ 25 = 5 25 = 5 . Lalu kalau akar kubik dari  27  adalah  3 , karena  3x3x3=27 , bisa ditulis:  3 √ 27 = 3 27 3 = 3 . Bagaimana cara kita membuat perhitungan tersebu di Java? Perhitungan akar kuadrat dapat dilakukan dengan fungsi  sqrt() . Fungsi ini terdapat dalam  class   Math . Jadi untuk menghitung akar seperti di atas dalam kode java dapat dilakukan dengan cara berikut ini: Math . sqrt ( 25 ) ; Fungsi tersebut akan menghasilkan:  5 Sementara itu untuk perhitungan akar kubik dapat dilakukan dengan fungsi  cbrt() . Contoh: Math . cbrt ( 27 ) ; Akan menghasilkan:  3 Contoh Penerapannya dalam Program Sekarang mari kita coba membuat program untuk menghitung rumus pitagoras. Rum...

Contoh Program OOP

Contoh Program OOP Kita akan menggunakan Netbeans, silahkan buat project baru. Isi nama project-nya dengan  “BelajarOOP”  dan jangan centang  “Create Main Class” . Setelah itu, silahkan buat  package  baru. Klik kanan pada  <default package> , lalu pilih  New->Java Package . Isi nama  package  dengan  “dasar” : Setelah itu, di dalam package  dasar , silahkan buat  class  baru bernama  Player.java . Klik kanan pada package  dasar  lalu pilih  New->Java Class . Setelah itu, isi namanya dengan  Player.java . Silahkan tulis kode pada  Player.java  seperti ini: package dasar ; public class Player { // definisi atribut String name ; int speed ; int healthPoin ; // definisi method run void run ( ) { System . out . println ( name + " is running..." ) ; System . out . println ( "Speed: " + speed ) ; ...